Kamis, 27 Agustus 2020

Sejahtera Bersama dengan UMKM yang Mandiri

Saya hidup di pinggiran kota kecildi salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kondisi COVID-19 memperparah keadaan ekonomi di sekitar sini, meskipun dulu sebenarnya sudah parah dan mungkin tidak saya rasakan. Saya sendiri seorang guru, dan sulit mengembangkan usaha, karena waktu terbatas dan modal juga mepet. Belum lagi di sekitar saya, semua orang hampir menjadi pedagang kecil, 

Saya mulai berpikir, mungkin dengan membagi sedikitbpengetahuan trik berdagang, sedikit pengetahuan ilmu mengolah kue kering, sedikit pengetahuan ilmu mengawetkan pangan, sedikit Saya pengetahuan kegemaran konsumen, maka akan sedikit meningkatkan daya jual produk masyarakat di luar daerah bahkan di pasaran internasional. Saya juga berpikir, bimbingan dan bantuan pemerintah juga sangat pentingnya. Kita seringkali melihat, bahkan kita sendiri mengalami kesulitan mendaftarkan produk - produk kita ke pemerintah, sehingga perlu dimudahkan. Kerja sama dengan perusahaan besar mungkin ada baiknya juga, pemerintah lebih proaktif menggandeng perusahaan besar untuk mengeluarkan CSR-nya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dan bantuan modal kecil dan aktif menginfokan pelatihan tersebut ke masyarakat menengah ke bawah. Jika masyarakat mudah memasarkan produknya hingga tingkat internasional maka akan mudah pula kesetaraan tingkat kesejahteraannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar